Social Computing

No Comments

Dengan adanya internet dan globalisasi seperti saat ini mengubah perilaku pengguna internet dari pasif menjadi lebih aktif. Internet menjadi salah satu sarana penting untuk berkomunikasi saat ini. Social computing adalah sitem terkomputerisasi yang memungkinkan komunikasi dan kolaborasi terjadi untuk berbagai aspek.

Perkembangan dari web 2.0 yang memungkinkan pengguna internet untuk dapat saling berinteraksi. Mulai pada tahun 2006, terjadi perkembangan yang signifikan pada area social computing, seperti halnya social commerce dan perkembangan social software bagi perusahaan. Dengan kemungkinan untuk berinteraksi dan fitur untuk berkomunikasi, social computing mulai dilirik untuk diadopsi dalam perkembangan pendidikan dan area pengetahuan disamping diadopsi oleh bisnis yang menjadikannya sebagai social commerce dan cukup popular saat ini.

Beberapa contoh fitur yang ditawarkan sebuah social computing diantaranya:
  • Blog
Blog merupakan salah satu contoh social computing yang sangat dikenal dan sangat mudah untuk diadopsi. Blog membantu beberapa kelompok penguna untuk dapat saling berinteraksi dan berbagi nformasi. Melaui hal ini, maka pengetahuan juga akan menjadi lebih cepat untuk di transfer. Beberapa yang sangat popular adalah gawker, typepad, sharepoint atau weblogs.com. Perusahaan dapat membuat blog internal dimana menyediakan wadah bagi para karyawan untuk dapat menuliskan pengetahuan yang mereka miliki misalnya artikel.
  • Wiki
Wiki merupakan salah satu software yang memungkinkan untuk kolaborasi. Pengguna internet yang bisa berkolaborasi dalam satu tulisan bisa berasal dari mana saja, bisa ekspert ataupun pelajar baru. Tujuannya adalah agar satu topik yang dibicarakan dapat dikembangkan sedemikian rupa dari mendapatkan berbagai masukan dan ilmu baru. Sehingga belajar tidak hanya dari satu sumber saja. Beberapa software aplikasi yang mirip dengan wiki adalah seperti basecamp, socialtext, dan lain lain.
  • Game Online
Game online yang sangat banyak diminati oleh masyarakat juga bisa dikategorikan sebagai social computing. Ketika bermain game, user dimungkinkan untuk dapat berinteraksi secara langung, berkomunikasi/chatting dengan lawan main atau teman main satu grup. Ini akan membangun jaringan komunikasi dan komunitas.
  • Media Sosial
Sudah tak diragukan lagi bahwa media social saat ini sudah sangat marak untuk digunakan oleh seluruh pengguna internet baik tua ataupun muda. Media social merupakan media yang menjadi tempat bagi orang – orang untuk berbagi hal yang bersifat umum atau pribadi bahkan memungkinkan untuk dapat berinteraksi seperti facebook, twitter, skype, youtube, linkedIn, myspace, dan lain sebagainya.
  • Online Dating
Begitu maraknya aplikasi online saat ini termasuk online dating yang dapat mempertemukan dua orang yang sedang mencari pasangan. Contoh web online dating yang popular adalah OkCupid, Match.com, eharmony, dll
  • Social Commerce
Dunia bisnis pun saat ini mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan adanya social computing karena ini berarti bahwa mereka dapat memberikan promosi yang lebih besar dan mendapatkan pelanggan lebih banyak. Namun perusahaan juga harus menjaga agar bukan berita buruk yang tersebar. Yang termasuk ke dalam social commerce adalah seperti kaskus, shopee, dll.
Resources: www.sis.binus.ac.id

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.